HOME

DATABASE
PENELITIAN

 
   
Hasil Penelitian
 
JUDUL : Penelitian Implementasi Indeks Kepuasan Masyarakat pada Perangkat Kabupaten/Kota di Jawa Tengah (Enam RSUD)
BIDANG : Pemerintahan dan Sosial Budaya
SEKTOR : Pelayanan Publik

Data Peneliti
PERSONAL PENELITIAN
TIPE : perorangan
NAMA PERORANGAN :  
KETUA TEAM :  
ANGGOTA TEAM : ``
 
LEMBAGA/INSTITUTE
ALAMAT :  
KOTA :  
PROPINSI :  
TELEPON :  
EMAIL :  
 
PENELITI
ALAMAT :  
KOTA :  
PROPINSI :  
TELEPON :  
EMAIL :  
TAHUN PENELITIAN : 2006
BIAYA PENELITIAN : 0
SUMBER DANA : APBD Prov. Jateng
LOKASI : Jawa Tengah
ABSTRAK
'

Abstrak

Penelitian Implementasi Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Perangkat Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, khusus mengkaji tentang pelayanan enam rumah sakit umum daerah di enam kabupaten/kota di Jawa Tengah. 

Tujuan penelitian ini adalah menyusun indeks kepuasan masyarakat (IKM); mengetahui tindak lanjut rekomendasi dari hasil pengkajian pelaksanaan IKM; mengetahui tanggapan dan langkah konkrit dalam mensikapi peraturan pemerintah tentang Standar Pelayanan Minimum (SPM); mengetahui upaya aparat kabupaten/kota dalam penyusunan Standar Penyelenggaraan Pelayanan Publik (SPPP) serta  deskripsi tentang perkembangan kinerja pelayanan dengan tolok ukur IKM.

Metode penelitan yang dipergunakan adalah penelitian deskriptif, dimaksudkan untuk menggambarkan tanggapan Masyarakat dari pelayanan rumah sakit umum daerah kabupaten/kota. Jumlah responden sebanyak 900 orang pada enam RSUD terbagi secara proporsional baik untuk pelayanan rawat inap dan rawat jalan di masing-masing RSUD.

Hasil penelitian menunjukkan nilai IKM untuk seluruh RSUD kabupaten/kota termasuk kategori baik, dengan nilai tertinggi untuk RSUD Kabupaten Banyumas (74,148). Hasil penelitian menunjukkan baru RSUD Kota Magelang yang telah melakukan penelitian IKM pada tahun sebelumnya (2005), upaya perbaikan pelayanan dilaksanakan sesuai dengan rekomendasi hasil penelitian IKM sebelumnya. Sedangkan RSUD yang lain melakukan pengukuran kepuasan pelanggan belum dengan tolok ukur IKM sesuai Kepmen PAN No. 25 tahun 2004 dan hasilnya menjadi masukkan dalam peningkatan pelayanan. Hanya Pemerintah Kabupaten Banyumas dan Sragen yang telah merespon PP No. 65 Tahun 2005 dengan menyusun standar pelayanan minimal untuk bidang/sektor kesehatan. Seluruh kabupaten/kota yang diteliti telah menyusun kinerja bidang kesehatan sesuai dengan Keputusan Gubernur No. 71 tahun 2004.

Peningkatan pelayanan RSUD kepada masyarakat perlu mendapatkan perhatian segenap pihak terkait. Oleh karena itu pengkajian IKM perlu dilakukan secara berkala untuk mengetahui peningkatan pelayanan. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dapat bersikap proaktif memfasilitasi pemerintah kabupaten/kota menyusun standar capaian SPM masing-masing sektor sesuai dengan PP No. 65 tahun 2005.

'
KATA KUNCI : Indek kepuasan masyarakat; Pelayanan rumah sakit u

 

Hak Cipta 2007 Balitbang JATENG
Badan Penelitian dan Pengembangan 
Provinsi Jawa Tengah
Jl. Imam Bonjol No : 190 semarang 50132
Telepon : (024) 3540025, 3546063, 3521411, 3521410
Fax. : (024) 3560505
Email: 
sekretariat@balitbangjateng.go.id